Sabtu, 23 Maret 2013

kisah islam mengajarkan rukun shalat kepada anak

   Oke sahabat semua kalau kemaren Kisah islami akibat mau menang sendiri telah Gaya remaja postingkan. kali ini kita akan mostingkan tentang mengajarkan anak tentang rukun shalat... Kita pastinya emang sangat ingin melihat anak-anak kita tumbuh besar menjadi anak yang sholeh dan berbakti kepada orang tua dan yang pasti taat kepada yang kholiq. Yaitu Allah swt. tentu ini ada kiat-kiatnya dan salah satunya adalah dengan mengajari anak-anak kita dengan mengajarkan shalat dan diantaranya adalah dengan mengajarkan rukun-rukun shalat. untuk lebih jelasnya, baca kisah selengkapnya yuk....

kisah islam mengajarkan rukun shalat kepada anak


Kisah islam Mengajarkan rukun shalat kepada anak
RUKUN_RUKUN SHALAT

        Wahai anakku. Disamping-samping syarat-syarat dalam shalat yang harus dipenuhi. Ada juga rukun-rukun dalam shalat. Apa itu rukun.? Rukun yaitu hal-hal yang harus dilakukan oleh orang yang mengerjakan shalat. Shalat tidak akan sempurna keculai bila terpenuhi rukun-rukun ini.
       Adapun rukun-rukun shalat itu sebagai berikut:
1. Berdiri bila mampu. Artinya shalat harus dilakukan dengan berdiri, tapi jika kita tidak dapat berdiri dikarenakan sedang sakit misalnya. Bisa dilakukan dengan duduk, bila duduk pun tidak bisa. Maka dapat dilakukan dengan tidur telentang. Kalau inipun tidak bisa. Maka dapat dilakukan dengan isyarat saja.

2. Mengucapkan takbiratul ihram yaitu Allahhuakbar.

3. Membaca Al-fatihah

4. Ruku’

5. Bangkit dari ruku’

6. Sujud diatas tujuh anggota badan yaitu dahi dan hidung. Kedua tangan kedua lutut dan kedua ujung jari.

7. Tuma’ninah. Artinya engkau shalat dalam keadaan tenang dan tidak terburu-buru dalam melakukan rukun-rukun ini. Dan Nabi Muhammad saw menyebutkan tuma’ninah ini dalam ruku’, sujud, dan duduk antara dua sujud serta dalam i’tidal.

8. Tasyahud akhir

9. Duduk tasyahud akhir

10. Mengucapkan salam. Maka seseorang tidak boleh berhenti dari shalat tanpa salam. Karena Nabi Muhammad Saw bersabda: “Dan penutup shalat itu adalah dengan mengucapkan salam”

11. Tertib dalam melakukan gerakan-gerakan ini. Artinya kita tidak boleh membaca Al-fatihah sebelum takbiratul ihram, dan tak boleh sujud sebelum ruku’ dan seterusnya.

Oke semuanya mudah-mudahan dengan penjelasan diatas menjadikan anak kita dan kita semua adalah orang yang selalu menjadi orang yang selalu taat kepada Allah yme. cinta kepada Allah swt.dan selalu menjauhi segala larangannya. Amien...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar